BEGINILAH 4 MANFAAT DAN CARA DUDUK YANG BENAR

Duduk yang tidak benar akan menimbulkan masalah kesehatan. Beginilah 4 cara duduk yang benar dan tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh.

Terdapat 7 gangguan kesehatan yang timbul akibat posisi duduk yang salah dalam waktu yang panjang dan tidak dikoreksi. Untuk mengoreksi posisi duduk, sebenarnya tidak butuh orang lain. Kita dapat mengamati kebiasan duduk kita sendiri dan mulai mengoreksinya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan baru atau tidak memperparah masalah kesehatan yang sudah ada.

Posisi duduk yang salah dalam waktu ama akan menimbulkan banyak masalah kesehatan.

4 Manfaat Duduk yang Benar dan Tegak

Berikut adalah 4 manfaat yang didapatkan bila kita duduk dengan benar dan tegak:

  1. Menghindarkan sakit punggung. Selain mengoreksi posisi duduk yang salah, duduk tegak dengan benar dapat menghindarkan kita dari sakit punggung yang berkepanjangan. Secara perlahan tubuh akan terbiasa ‘mengoreksi sendiri’ posisi duduk yang salah dan kemudian dikoreksi dengan baik.

 

  1. Percaya diri yang meningkat. Bila postur tubuh yang tegap memancarkan kepribadian dan rasa percaya diri, demikian juga posisi duduk. Posisi duduk yang benar, disadari atau tidak posisi duduk yang benar dan tegak dapat meningkatkan kepercayaan diri karena postur yang benar saat berdiri akan terbawa saat duduk. Dan ini dapat memancarkan rasa percaya diri yang sama. Duduk yang tegak dan benar akan menjadi isyarat pada sekitar bahwa kita adalah orang yang berkepribadian kuat, tegas dan percaya diri.

 

  1. Meningkatkan konsentrasi. Posisi duduk yang baik akan memperbaiki pasokan oksigen ke otal dan ke seluruh tubuh, hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus selama bekerja.

 

  1. Pernafasan yang lebih baik. Dengan posisi duduk yang baik dan tegak, otot tenggorokan akan kendur dan membuata penafasan serta suara yang keluar terdengar lebih baik, dan tegas. Tentu hal ini akan mendongkrak rasa percaya diri juga.
Mengoreksi posisi duduk dengan pilihan kursi yang tepat

4 Cara Duduk Benar dan Tegak

Untuk mengetahui apakah posisi duduk kita sudah benar dan sudah tegak, kita dapat mengecek ulang posisi duduk kita dengan panduan berikut:

Duduk dengan tegak

  1. Duduk dengan tegak

Untuk mengoreksi apakah posisi duduk sudah benar maka dapat diperiksa apakah kita sudah menempatkan pinggul tepat di sudut sandaran. Kemudian tempelkan punggung pada sandaran. Cobalah bersandar dan rasakan apakah sandaran kursi anda sesuai dengan  kontur punggung. Jangan lupa perhatikan kaki. Kaki harus menapak dengan baik di lantai. Bila memakai sepatu hak tinggi ada baiknya sepatu dilepas. Bila kaki tidak sampai di lantai ada baiknya menggunakan sandaran kaki.

  1. Perhatikan posisi lutut dan bahu

Saat duduk. Perhatikan posisi lutu dan bahu. Bahu atas harus tetap tegak saat duduk dengan bagian punggung bawah menempel pada sandaran. Usahakan tetap lurus, tidak membungkuk atau malah akan membuat otot bagian leher dan bahu kaku dan tegang. Dan ini justru tidak akan baik untuk kenyamanan duduk dan bekerja. Menyilangkan kaki tidak baik untuk kesehatan peredaran darah kaki. Karena akan membuat penekanan aliran darah di bagian kaki dan memicu timbulnya varises.

  1. Mengatur ketinggian kursi dan sandaran bahu. Tinggi kursi harus disesuaikan dengan layar atau kondisi meja. Bila dirasa bantalan kursi kurang tinggi, dapat ditambahkan bantalan kursi tambahan. Tips ini dilakukan untuk menyiasati kursi kerja yang tidak memiliki fitur hidrolik/ gas lift. Posisi kepala dengan layar seyogianya memang sejajar agar tidak terjadi penekanan pada otot leher dan bahu bila layar terlalu rendah atau kepala harus agak sedikit mendongak untuk menatap layar.
  2. Mengatur posisi layar dan kibor untuk disesuaikan dengan tinggi kursi. Setelah membenahi posisi duduk, membenahi kursi dan meja, maka langkah berikutnya untuk mengatur agar posisi duduk benar adalah dengan mengatur layar komputer dan perangkatnya (kibor dan tetikus). Cara mengatur layar komputer dan perangkatnya adalah sebagai berikut:
  • Letakkan layar tepat di depan mata.
  • Rentangkan tangan dan sesuaikan letaknya dengan acuan rentangan tangan itu. Bagian atas layar komputer harus tidak lebih dari 2 inchi dari tinggi pandangan mata. Beban leher akan meningkat bila posisi ini lebih rendah atau lebih tinggi dari mata.
  • Posisi kibor dan tetikus (mouse) juga sebaiknya di sesuaikan. Kibor berada tepat di depan posisi kita, minimal terdapat sisa 4-6 inchi dari tepi meja dihitung dari tepi kibor. Sementara posisi tetikus sejajar dengan kibor dan mudah dijangkau oleh pergelangan tangan yang lurus.
Posisi duduk yang benar dan tegak selain membuat nyaman juga akan merangsang untuk produktif dengan baik.

Untuk memenuhi syarat duduk yang benar ini, kita perlu memilih kursi yang ergonomis untuk bekerja. Kursi ergonomis untuk bekerja memiliki beberapa ciri antara lain: tingginya sesuai dengan tinggi badan pengguna serta dapat diatur ketinggiannya, memiliki arm rest dan head rest, serta sandaran yang fleksibel bisa dilengkungkan ke belakang sebanyak 135o

Toko Subur Furniture yang beralamat di Jl. K.H. Hasyim Ashari no 71-71A, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat menyediakan berbagai pilihan kursi ergomonis yang dapat membantu Anda mengkoreksi postur dan kebiasaan duduk yang salah. Kami buka dari jam 09.00 hingga 17.00 pada hari Senin hingga Minggu. Kami akan dengan senang hati membantu memilihkan kursi yang tepat untuk Anda.

0

TOP

X
Need Help? Chat with us