7 GANGGUAN KESEHATAN AKIBAT POSISI DUDUK SALAH
Apa saja masalaha kesehatan akibat posisi duduk yang salah?

Gangguan kesehatan dapat muncul karena gaya hidup. Namun bagaimana bila ternyata ada 7 gangguan kesehatan yang muncul akibat posisi duduk yang salah?

Kita menghabiskan banyak waktu untuk duduk sehari-hari. Posisi duduk yang salah dalam waktu yang lama akan menyebabkan gangguan kesehatan. Padahal, kalau duduk dengan cara yang benar selama lebih dari tujuh jam tanpa henti, tidak akan mengakibatkan gangguan rasa nyaman bahkan kesehatan. Ada 7 gangguan kesehatan yang dapat muncul akibat posisi duduk yang salah.

7 gangguan kesehatan uang timbul akibat posisi duduk yang salah terhadap kesehatan adalah:

  1. Adanya gangguan pencernaan. Posisi duduk yang terlalu lama akan membuat pencernaan terganggu. Salah satunya adalah muncul sembelit karena posisi duduk yang membungkuk. Posisi duduk yang membungkuk akan menyebabkan metabolisme berjalan lambat. Hal ini akan semakin memburuk bila tidak diiringi dengan asupan cairan yang cukup.

 

  1. Tekanan darah yang meninggi. Posisi duduk yang membungkuk dan merosot dapat menyebabkan tekanan pada bahu dan area leher meningkat, sehingga pernapasan dapat terganggu dan menyebabkan reseptor di daerah leher meningkat dan tekanan darah meningkat. Bila ini terjadi terus menerus akan berlangsung menetap dan tentu saja akan menimbulkan gangguang seperti sakit kepala yang berkepanjangan.

 

  1. Berubahnya kurva bentuk tubuh. Posisi duduk salah dan lama akan menimbulkan tekanan yang berkepanjangan pada tulang belakang. Dan tekanan ini dapat menyebabkan perubahan kurva bentuk tulang belakang. Hal ini tentu saja tidak menguntungkan karena perubahan kurva tulang belakang akan mengakibatkan rasa sakit yang berkepanjangan, selain ini akan membuat gangguan koping pada tulang belakang atas goncangan yang ada dan menurunnya kemampuan tubuh untuk menjaga keseimbangan.

 

  1. Sakit kepala berkepanjangan. Posisi duduk yang membungkuk dan kepala yang menunduk dalam waktu lama akan membuat tekanan yang tinggi pada otot leher bagian belakang. Bila ini tidak segera dikoreksi, akan menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan.

 

  1. Gangguan tidur. Postur duduk yang tidak baik akan menyebabkan masalah pada tidur dan tubuh kurang bisa rileks. Akibatnya, tidur akan kurang nyenyak dan tidak berkualitas dan bangun tidur akan justru menyebabkan badan tidak segar.

 

  1. Mood yang terganggu hingga depresi. Posisi duduk yang merosot akan memubat perasaan menjadi negative, menciptakan kecemasan bahkan bisa menimbulkan rasa rendah diri daripada mereka yang duduk dengan tegak. Perasaan negatif ini bila berlangsung lama akan dapat menimbulkan depresi. Terutama bila akhirnya postur badan yang tidak baik ini memicu body image yang kurang baik juga.

 

  1. Lelah yang berkepanjangan. Posisi duduk yang kurang menguntungkan akan membuat tubuh mengeluarkan energi lebih banyak yang dapat mengurangi kapasitas pernapasan hingga 30%. Hal ini terjadi karena beberapa metabolisme tubuh terganggu akibat posisi duduk yang salah ini. Akibatnya tubuh harus melakukan mekanisme koping lebih banyak daripada posisi yang benar. Sehingga, tubuh sering terasa lelah setelah duduk agak lama.
Panduan koreksi posisi duduk yang benar

Ternyata banyak gangguan kesehatan yang dapat muncul akibat kesalahan posisi duduk. Mengoreksi posisi duduk dapat dimulai dari mengganti kursi yang sering kita pakai untuk duduk sehari-hari, misalnya di kantor atau tempat kerja. Mulai sekarang, amati bagaimana postur duduk, apakah sudah benar atau justru menambah masalah kesehatan. Kemudian koreksi juga kursi kerja kesayangan.

7 Gangguan kesehatan akibat salah posisi duduk

Gangguan pencernaan

Tekanan darah tinggi

Kurva tubuh berubah

Sakit kepala berkepanjangan

Gangguan tidur

Ganguan mood hingga depresi

Lelah yang berkepanjangan

0

TOP

X
Need Help? Chat with us