6 HAL TENTANG MERENCANAKAN SOHO – SMALL OFFICE HOME OFFICE

SOHO atau small office home office adalah hunian tinggal bisa apartemen atau rumah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kantor. Inilah 6 hal yang harus diketahui tentang SOHO.

SOHO adalah konsep baru untuk efektivitas dan efisiensi kerja.

Dengan pesatnya pembangunan di perkotaan yang bahkan meluas hingga ke pinggir kota, membuat kita harus cerdik untuk mengatur sumber daya yang ada termasuk lahan untuk tinggal dan bekerja. Satu sisi, hal ini memicu orang menjadi kreatif ‘menyiasati’ lahan yang ada. Salah satu dampak dari adanya fenomena ini adalah bermunculannya konsep SOHO sebagai hunian dan tempat kerja sekaligus. Small office home office merupakan tempat yang berfungsi ganda, yaitu sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat bekerja atau beraktivitas seperti di kantor. Berbagai jenis yang sering menggunakan hunian berkonsep SOHO ini antara lain arsitek, desainer, penulis, fotografer, lawyer, akuntan, pedagang online serta beragam wirausaha lain.

Dahulu, pandangan masyarakat secara umum adalah bahwa bekerja itu harus seperti jam klasik 9 ke 5 misalnya. Sehingga bila pada jam tersebut tidak keluar rumah dengan pakaian ‘seperti orang bekerja’ masih belum dianggap bekerja. Namun dengan perkembangan teknologi yang kita pesat, sekarang pandangan tersebut sudah beralih. Masyarakat lebih bisa menerima bila disampaikan ‘bekerja dari rumah’. Untuk efisiensi dan efektivitas, muncullah konsep hunian yang diberi nama SOHO ini. Singkatan dari small office home office.

Singkatnya SOHO adalah konsep bekerja dan tinggal di satu tempat yang sama. Diharapkan konsep hunian yang menyatu dengan tempat kerja ini dapat meningkatkan efektivitas dan keefisienan bekerja. Yang sudah jelas terlihat adalah waktu perjalanan berangkat dan pulang dapat dipangkas. Konsep ini dapat menghemat waktu perjalanan apalagi bila jalur yang ditempuh sudah penuh dengan kemacetan. Selain itu, biaya transportasi pun dapat dipangkas sehingga lebih berhemat.

 

 

SOHO – Small Offce Home Office Sebagai Alternatif Hunian yang Menyenangkan

storage yang multifungi sebagai dekorasi

Sebenarnya tidaklah sulit merencanakan atau mengubah hunian yang sudah ada untuk menjadi SOHO. Berikut adalah 6 hal yang harus diketahui untuk membuat SOHO yang nyaman:

6 Tips Merencanakan SOHO

  • Pemisahan ruang antara hunian dan tempat kerja

Bila bangunan sudah ada dan kita hanya memerlukan renovasi, maka yang harus pertama diperhatikan adalah pemisahan ruangan antara tempat tinggal dengan area bekerja atau kita sebut saja kantor.

Bila menggunakan sekat, perhatikan bahan penyekat yang akan dipilih. Bila bangunan yang sudah ada terdiri dari lebih dari satu lantai, maka pemisahan ruangan ini lebih mudah dilakukan. Misalnya dengan memilih ruangan tinggal di lantai atas dan ruangan untuk bekerja di bagian bawah.

 

  • Memerhatikan sirkulasi udara dan cahaya

Setelah ruangan dipisah, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udara serta pencahayaan. Sirkulasi udara ini penting sekali untuk diperhatikan apalagi bila konsep rumah atau hunian yang diusung adalah berkonsep eco-house.

Selain sirkulasi udara perlu diperhatikan juga sirkulasi atau jalannya personel yang datang dan pergi di kantor. Misalnya dengan memerhatikan letak pintu utama yang mejadi tempat keluar masuk karyawan.

Pencahayaan juga faktor penting. Terutama pada siang hari. Langkah ini perlu dipertimbangkan untuk mengurangi konsumsi listrik untuk pengunaan lampu di siang hari.

 

  • Mengatur furniture

Hal ketiga yang harus diperhatikan untuk SOHO adalah pengaturan furniture. Tidak hanya untuk ruang kerja melainkan untuk ruang tinggal juga. Jumlah personel yang akan terlibat setiap hari di SOHO yang akan dibangun akan menentukan bagaimana konsep pengaturan furniture ini. Maka penting untuk diketahui berapa personel dan tugas pokok serta fungsinya. Setelah tahu jumlah personel yang akan terlibat secara langsung, maka kemudian dapat menentukan jumlah furniture dan cara mengaturnya.

Dalam menentukan dan mengatur furniture ini, yang perlu diperhatikan adalah ruang penyimpanan atau storage yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menyimpan berkas dan keperluan kantor. Diharapkan pilihan furniture memiliki fungsi ganda dan mudah untuk dipindahkan bila dimungkinkan ada perubahan posisi kantor secara berkala.

Hal yang juga penting untuk pengaturan furniture adalah peletakan furniture ini yang tidak mengganggu sirkulasi personel saat beraktivitas harian. 

 

Ruang multifungsi yang nyaman dapat diakses oleh seluruh penghuni
  • Menyediakan kamar mandi yang terpisah

Karena SOHO juga melibatkan orang lain yang akan akan hilir mudik datang, maka sebaiknya kamar mandi dipisahkan juga untuk area hunian dan area kerja.

Pemisahan ini dilakukan untuk tetap menjaga privasi anggota keluarga dengan karyawan yang bekerja di kantor.

 

  • Sediakan ruangan multifungsi

Hal yang tidak kalah penting saat mempersiapkan SOHO adalah menyediakan ruangan multifungsi yang dapat diakses oleh seluruh penghuni. Misalnya ruang ini dapat dipakai untuk diskusi, juga dapat dipakai untuk ruang brainstorming, bersantai sejenak saat jam break juga dapat dipakai untuk menerima tamu misalnya. Furniture di ruangan multifungsi ini diharapkan yang juga mudah dipindah, tidak terlalu berat namun tetap eyecatching, casual dan memancing kreatifitas.

Dapat digunakan meja yang merangkap sebagai storage dan atau sofa bed untuk menerima tamu, misalnya.

 

  • Parkir juga harus diperhatikan

Ruang parkir yang cukup untuk seluruh karyawan, anggota keluarga dan kemungkinan tamu  yang datang juga merupakan pertimbangan penting. Pertimbangkan hal ini saat memilih lokasi untuk SOHO yang sedang direncanakan.

 

 

Pembagian ruangan untuk bekerja dan untuk tinggal perlu diperhatikan untuk merencanakan SOHO.

Demikian 6 hal yang harus diketahui dan diperhatikan saat merencanakan hunian dan tempat kerja dengan konsep SOHO. Persiapan yang matang dan detail sejak membuat desain SOHO akan memudahkan kita membangun atau merenovasi tempat tinggal SOHO ini.

0

TOP

X
Need Help? Chat with us