7 CARA MEMAKSIMALKAN RUANG KANTOR KECIL

Ruang kantor kecil untuk perusahaan yang baru dirintis bukanlah hal yang memalukan. Inilah 10 cara memaksimalkan ruang kantor kecil untuk omzet yang optimal.

Perusahaan yang baru berdiri tentu saja harus merencanakan keuangan mereka dengan cermat, termasuk mengadakan gedung kantor yang belum bisa terlalu ideal dari sisi ukuran. Namun bukan berarti produktivitas tidak optimal dengan kantor yang tidak besar tersebut. Tidak sedikit perusahaan besar yang memulai kantor mereka dari ruang kanto yang kecil bahkan apa adanya. Kebutuhan dan keberadaan kantor yang luas ini dapat dialihkan untuk kebutuhan kantor lain. Seiringi berkembangnya bisnis, tentu saja ruang kantor kecil ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan berikutnya. Dengan ruang kantor kecil, semua karyawan dapat terus berkarya secara optimal.

Berikut ini adalah 7 cara memaksimalkan ruang kantor kecil:

Mulailah paperless

Gerakan go green­  yang banyak digalakkan akhir-akhir ini salah satunya adalah meminimalkan penggunaan kertas dalam setiap aspek. Dengan meminimalkan penggunaan kertas, makan administrasi kantor tidak lagi harus memikirkan banyaknya arsip serta dokumen yang terus bertambah seiring waktu.

Membiasakan untuk tidak menggunakan kertas dan menggantinya dengan pesan serta dokumen digital merupakan tindakan mendukung go green yang dapat dimulai dari setiap personel.

Buatlan sistem pengorganisasian dokumen

Sistem pengorganisasian dokumen yang dilakukan sejak awal kantor didirikan akan menghindarkan kita dari penumpukan dokumen yang berlebih di akhir tahun. Secara berkala, dokumen lama serta arsip dapat dihancurkan atau dibuang. Namun ada baiknya disimpan terlebih dahulu dalam bentuk digital.

Buang hal yang tidak dibutuhkan

Dengan pengorganisasian yang baik atas dokumen dan arsip kantor, maka kantor akan tertata rapi dan tidak perlu ada timbunan hal-hal yang tidak diperlukan di kantor. Sehingga bangunan yang kecil tidak semakin penuh dengan barang-barang yang tidak diperlukan.

 

Optimalkan area multifungsi pada kantor kecil

Area multifungsi yang telah disiapkan sejak awal seyogianya dapat diakses oleh semua karyawan dan dapat dipergunakan saat karyawan membutuhkan variasi tempat kerja untuk menghindarkan kejenuhan. Area multifungsi ini sebaiknya memang dapat digunakan secara terbuka dan bersama. Daripada terfokus untuk membuat ruang-ruang kecil namun dapat menimbulkan kejenuhan, lebih baik mengoptimalkan ruangan multifungsi. Salah satu opsi yang dapat dipilih adalah menggunakan meja partisi, daripada ruangan yang bersekat tinggi. Penggunaan meja partisi akan menyingkat waktu dan setiap karyawan dapat dengan mudah berkoordinasi.

 

Persiapkan furniture untuk ruang kantor dalam skala kecil

Merencanakan furniture sejak awal membangun kantor memang akan membuat desain kantor lebih mudah pengaturannya daripada mengatur furniture yang sudah ada yang mungkin lebih sulit untuk ditata. Investasi furniture baru seringkali dapat memudahkan mengatur dan memanfaatkan ruangan dengan optimal. Persiapan furniture dengan baik sejak awal dapat menjadi alternatif yang relatif lebih murah untuk mendapatkan ruangan yang lebih besar.

Telah tersedia pilihan furniture yang dapat ditambah dan atau dikurangi susunannya sesuai dengan kebutuhan dan lay out ruangan. Sehingga saat perlu menambah furniture baru, tidak perlu membuang semua furniture yang sudah ada.

Selain model dan type, pilihan bahan dari furniture yang akan dipergunakan di ruang kantor kecil haruslah juga diperhatikan. Perabot dengan bahan dan model yang berat serta rumit cenderung membuat ruang kantor kecil terasa makin sesak dan sempit. Untuk ruangan bersama atau ruang multifungsi dapat dipilih dapat dipilih meja yang mudah ditata atau diubah sesuai dengan kebutuhan.

Manfaatkan ruangan secara vertikal

Saat mendesain ruangan kantor kecil agar optimal, harus direncanakan dengan baik, termasuk merencanakan ruangan secara optimal secara vertikal. Merencanakan ruangan secara vertikal maksudnya adalah membuat desain dengan mempertimbangkan ruangan secara optimal pada bagian vertical,  misalnya dengan memilih furniture atau perabot yang tergantung.  

Pakailah dekorasi yang menginspirasi

Ruangan kantor kecil memiliki kecenderungan memicu atau menimbulkan kebosanan atau kejenuhan lebih cepat. Maka dekorasi yang menginspirasi mutlak diperlukan dalam penataan ruang kantor kecil ini. Penggunaan cermin pada dinding untuk sisi yang strategis juga dapat meningkatkan kesan ruang kantor kecil nampak luas. Juga penggunaan warna cat atau wallpaper motif kecil dengan warna terang akan mengesankan ruangan yang luas. Dekorasi berupa tanaman hidup juga akan menyegarkan lingkungan kantor kecil agar terasa lebih nyaman.

7 cara memaksimalkan ruang kantor kecil tersebut di atas patut diterapkan untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja setiap unsur perusahaan. Bila kinerja dan produktivitas meningkat dan optimal tentu perusahaan akan semakin cepat berkembang dan bertambah omzet.

0

TOP

X
Need Help? Chat with us